Informasi Biografi: Biografi Katy Perry


Katheryn Elizabeth Hudson atau Katy Perry lahir pada tanggal 25 Oktober 1984 di Santa Barbara, California, memiliki keturunan dari Jerman, Portugis, Irlandia dan Inggris. Dia merupakan anak kedua dari dua pendeta. serta mempunyai kakak perempuan dan adik laki-laki.Bibi dan paman dari ibunya adalah penulis skenario Eleanor Perry dan sutradara Frank Perry. Perry bergabung dengan pelayanan gereja milik orangtuanya dan bernyanyi di gereja dari usia sembilan hingga tujuh belas tahun. Dia tumbuh dengan mendengarkan musik gospel, tidak diperbolehkan untuk mendengarkan apa yang ibunya sebut sebagai "musik duniawi", serta menghadiri sekolah Kristen dan kamp-kamp.

Sebagai seorang anak, Perry belajar menari di sebuah gedung rekreasi di Santa Barbara dan diajarkan oleh penari berpengalaman dimulai dari tarian swing, Lindy Hop, dan Jitterbug. Setelah lulus tes GED pada tahun pertamanya di Sekolah Tinggi Pueblo Dos, dia memutuskan untuk meninggalkan sekolah dan mengejar karirnya dalam bermusik. Pada awalnya Perry mulai bernyanyi "because [she] was at that point in [her] childhood where [she] was copycatting [her] sister and everything she [would do]". Kakaknya berlatih dengan menggunakan kaset, sementara Perry mengambil rekaman itu saat kakaknya tidak ada. Dia berlatih dengan lagu tersebut dan tampil di depan orangtuanya, yang menyarankan agar dia mengambil pelatihan vokal. Katy mengambil kesempatan itu dan mulai belajar pada usia sembilan sampai enam belas tahun. Dia kemudian terdaftar di Academy of the West di Santa Barbara dan mempelajari opera Italia dalam waktu singkat.

Perry tampil dengan gitarnya; alat yang ia pelajari saat memulai karirnya Pada usia 15, Perry bernyanyi di gereja dan menarik perhatian veteran rock dari Nashville, Tennessee, yang membawa Perry kesana untuk memoles keterampilan menulisnya. Di Nashville, Perry mulai merekam demo dan oleh para veteran musik country diajarkan cara menyusun lagu serta bermain gitar. Perry menandatangani kontrak dengan label musik Kristen, Red Hill dan dia merekam album pertamanya pada usia 15. Tampil sebagai Katy Hudson, dia merilis album self-titled gospel-rock Katy Hudson pada tahun 2001. Album ini tidak berhasil setelah label menghentikan operasi pada akhir 2001.

Dia kemudian merubah nama keluarganya menjadi Perry dari nama keluarga ibunya karena "Katy Hudson" terlalu mirip dengan aktris film Kate Hudson. Pada usia 17, Perry meninggalkan rumahnya ke Los Angeles untuk memulai bekerja dengan Glen Ballard dalam sebuah album untuk label rekaman Island. Album ini dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2005, tetapi Billboard melaporkan album ini tidak ada dimana-mana. Beberapa kolaborasi Perry dan Ballard termasuk "Box", "Diamonds" dan "Long Shot" diposting di halaman resmi MySpace-nya. "Simple" adalah salah satu lagu yang direkam dengan Ballard, dirilis sebagai soundtrack untuk film tahun 2005, The Sisterhood of the Traveling Pants.

Perry menandatangani kontrak dengan Columbia Records pada 2004. Namun, label tidak setuju dengan visinya dan tidak menempatkannya di "kursi pengemudi" tersebut. Sebaliknya, salah satu ide Columbia adalah memasangkan Perry dengan tim produksi rekaman The Matrix untuk menjadi vokalis wanita dalam suatu album. Meskipun album itu kemudian dikesampingkan, dia menarik perhatian pers musik; karir musiknya berkembang menjadikan dia sebagai "The Next Big Thing" pada bulan Oktober 2004 oleh majalah Blender.


Dengan tidak adanya proyek album yang sedang berlangsung, Perry memulai rekamannya sendiri. Delapan puluh persen selesai dibuat, namun Columbia memutuskan untuk tidak menyelesaikannya dan mencabut labelnya. Sambil menunggu untuk mencari label lain, dia bekerja di sebuah perusahaan independen A&R bernama Taxi Music. Pada tahun 2006, Perry ditampilkan di akhir video untuk singel P.O.D., "Goodbye for Now". Dia membuat penampilan kameo dalam video Carbon Leaf, "Learn to Fly"

Sementara dalam proses yang dijatuhkan oleh Columbia pada tahun 2006, eksekutif publisitas perusahaan, Angelica Cob-Baehler dengan antusias merekomendasikan Perry pada Ketua Virgin Records, Jason Flom. Saat itu, Flom sedang memimpin suatu kebangkitan di label dan mencari suatu puncak prestasi terbaru dengan bentuk pop yang mendunia. Meskipun terdapat reaksi beragam dari sesama eksekutif Virgin, Flom menjadi bertambah yakin bahwa Perry bisa menjadi bintang baru dan pada awal tahun 2007, diskusi panjang dengan Columbia menghasilkan penandatanganan Katy Perry dengan Capitol Music Group yang baru saja dibentuk, penggabungan antara Virgin dan Capitol. Sebagai bagian dari kesepakatan, label menjamin sang master (Perry) dengan albumnya yang belum selesai, yang pernah direkam sementara di Columbia, menjadi suatu bagian penting dari debut album resmi pertama, One of the Boys.

Rekaman Columbia dipandang oleh Flom sebagai "suatu yang sangat kuat, tetapi kurang memiliki suatu pukulan yang tidak dapat dipungkiri atau kedua, dapat bekerja baik di radio pop AS dan internasional" dan salah satu tindakan pertama eksekutif setelah menyelesaikan penandatanganan kontrak adalah membuat sebuah kolaborasi antara Perry dengan penulis lagu dan produser, Dr. Luke. Dari kolaborasi ini dihasilkan lagu "I Kissed a Girl" dan "Hot n Cold".

Membangun citra dirinya adalah salah satu perhatian langsung dari manajemennya. Promosi dimulai pada bulan November 2007 dengan dirilisnya video "Ur So Gay" yang bertujuan untuk memperkenalkannya ke pasar musik. Sebuah EP digital yang dipimpin lagu "Ur So Gay" kemudian dirilis untuk membuat gebrakan online dan cerita pers. Acara pagi di Arizona, Kiss FM dan KRQ's JohnJay & Rich menyebutkan bahwa ini merupakan langkah sukses yang membawa Perry mendapatkan perhatian dari seorang Madonna Pada tanggal 10 Maret 2008, dia tampil sebagai dirinya sendiri dalam serial televisi ABC Family, Wildfire, pada episode "Life's Too Short".

Dia melanjutkan langkah berikutnya dengan mempromosikan album dan melakukan tur selama dua bulan di stasiun radio. Singel utama album yang resmi, "I Kissed a Girl", dirilis pada 6 Mei 2008. A&R Perry, Chris Anokute mengatakan kepada HitQuarters bahwa lagu dan tema kontroversialnya bertemu dengan pertahanan kuat pada label, "kata orang-orang 'Ini tidak akan pernah bisa diputar di radio Bagaimana kita menjualnya? Bagaimana ini akan dimainkan di sabuk Alkitab?'" Anokute mengatakan bahwa mereka membutuhkan dukungan dari salah satu promotorlabel radio untuk meyakinkan orang-orang untuk percaya pada rekaman jika suatu saat Perry dinyatakan ada kemungkinan dicabut lagi. SVP dari Promosi Capitol, Dennis Reese melihat visi Perry dan membantunya mendorong singel pada radio nasional.

Stasiun pertama yang mengambil kesempatan itu adalah The River di Nashville. Setelah diputar selama tiga hari mereka dibanjiri oleh berbagai telepon yang antusias. Dengan lagu yang melesat ke puncak tangga lagu, Perry memulai debutnya pada festival musik tahunan Warped Tour, dimana manajemennya harus "membentuk dirinya sebagai pemain yang dapat dipercaya dan memastikannya agar tidak hanya dipandang dengan satu hits". Singel ini sukses secara komersil dan memuncak di nomor satu selama tujuh minggu di Billboard Hot 100. Sejak saat itulah singel ini telah menjadi hits besar di seluruh dunia, menduduki puncak tangga lagu di 30 negara termasuk Australia, Kanada, dan Inggris. Pada tanggal 12 Juni 2008, Perry muncul sebagai dirinya dalam opera sabun siang hari, "The Young and the Restless" dan berpose untuk sampul majalah fiksi edisi Juni 2008, Restless Style. Perry juga menjadi penyanyi latar pada lagu "Another Night in the Hills" dari album solo Gavin Rossdale tahun 2008, Wanderlust.

One of the Boys dirilis pada tanggal 17 Juni 2008 dengan berbagai tinjauan kritik yang beragam. Album ini telah mencapai nomor sembilan di Billboard 200, dan telah meraih platinum dari RIAA. Perry merilis singel kedua, "Hot n Cold" yang menempati posisi puncak tangga lagu banyak negara di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat di mana mencapai nomor tiga di Billboard Hot 100, serta memuncaki tangga lagu di Jerman, Kanada, dan Denmark. Setelah Perry sibuk dengan penampilannya di Warped Tour, dia melanjutkan tur ke Eropa. Dia kemudian meluncurkan turnya yang pertama, Hello Katy Tour pada bulan Januari 2009. "I Kissed a Girl" memperoleh nominasi untuk Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik pada Grammy Awards 2009.

Perry dinominasikan di lima kategori pada MTV Video Music Awards 2008, termasuk Pendatang Baru Terbaik dan Video Wanita Terbaik, namun kalah dengan Britney Spears. Dia memenangkan Best New Act di MTV Europe Music Awards 2008 yang juga menjabat sebagai co-host, dan Best International Female Artist pada BRIT Awards 2009. Pada tanggal 9 Februari 2009, baik "I Kissed a Girl" maupun "Hot n Cold" telah disertifikasi 3x platinum oleh RIAA untuk penjualan digital individu lebih dari tiga juta. Pada tahun 2010, Guinness Book of World Records mengakui Perry sebagai "Best Start on the US Digital Chart by a Female Artist," untuk dua singel pertamanya yang terjual lebih dari dua juta kopi.

Album debut The Matrix yang menampilkan Perry, kemudian dirilis melalui label tim, Let's Hear It, selama tur solo Perry. Ketika tanggal rilis dijadwalkan, "I Kissed a Girl" telah menanjak dengan baik. Anggota Matrix, Lauren Christy berbicara ke Perry tentang keputusannya, tapi dia ingin terus merilis sampai singel keempat One of the Boys dikirim. Terlepas dari komunikasi mereka, The Matrix dirilis pada tanggal 27 Januari 2009 melalui iTunes Store. Pada Desember 2008, Perry meminta maaf kepada penyanyi Inggris Lily Allen atas pernyataannya karena menyebut dirinya sebagai "versi kurus" dari Allen yang dimaksud hanya sebagai lelucon. Allen membalas dan mengatakan kepada stasiun radio Inggris bahwa dia "terjadi untuk mengetahui fakta bahwa dia [Perry] merupakan versi Amerika"-nya karena perusahaan rekaman mereka memerlukan "untuk menemukan sesuatu yang kontroversial dan 'aneh'" seperti dia.

Pada 16 Mei 2009, Perry tampil di upacara pembukaan Life Ball tahunan di Wina, Austria. Pada bulan Juni 2009, pengacara Katy Perry bertindak menentang merek dagang terbaru dari perancang busana Australia Katie Perry yang menggunakan namanya untuk pasar loungewear. Beberapa media melaporkan ini sebagai gugatan, dimana Katy Perry telah membantah di blognya. Katie Perry (perancang) melaporkan di blognya bahwa pada pertemuan dengan IP Australia pada tanggal 10 Juli 2009, pengacara dari Katy Perry (penyanyi) menarik penentangan mereka terhadap merek dagang. Selama musim panas 2009, Perry menampilkan kameo dalam film Get Him to the Greek; dimana di dalam adegannya dia mencium Russell Brand calon tunangannya, namun sayangnya dipotong dan tidak dimunculkan dalam final film.


Pada tahun 2009, Perry tampil di dua singel: sebuah remix lagu "Starstrukk" oleh band dari Colorado, 3OH!3 pada bulan Agustus (ide untuk kolaborasi datang setelah tur Perry yang menampilkan 3OH!3 sebagai penyanyi pendukung). Lagu ini dirilis di iTunes pada tanggal 8 September 2009 dan "If We Ever Meet Again", singel keempat dari album Shock Value II milik Timbaland pada bulan Desember. Pada bulan Oktober 2009, MTV Unplugged mengungkapkan bahwa Perry adalah salah satu artis yang tampil untuk mereka dan dia akan segera merilis sebuah album live dari penampilannya, termasuk dua lagu baru yaitu "Brick by Brick" dan kover ulang lagu "Hackensack" dari Fountains of Wayne. Album MTV Unplugged ini dirilis pada 17 November, termasuk CD dan DVD.

Perry muncul sebagai juri tamu bersama Simon Cowell, Cheryl Cole dan Louis Walsh selama tahap audisi Dublin pada seri ketujuh dari acara televisi Inggris, The X Factor pada tanggal 28 Juni 2010, (kemudian ditayangkan pada 28 Agustus). Dia adalah salah satu dari banyak selebriti yang dipilih untuk memenuhi peran juri sementara Dannii Minogue sedang cuti hamil. Dia kemudian kembali untuk menampilkan "Firework" pada 17 Oktober. Album kedua Perry berjudul Teenage Dream dan dirilis pada bulan Agustus 2010. Singel pertama dari album ini berjudul "California Gurls". Singel ini memuncak di nomor satu Billboard Hot 100 dan merupakan singel dengan peningkatan tercepat dari artis Capitol Record sejak lagu Bobbie Gentry, "Ode to Billie Joe" pada tahun 1967. Sampul Teenage Dream merupakan sebuah lukisan oleh Cotton Will yang menggambarkan Perry sedang berbaring telanjang di awan kembang gula; menyerupai gambar Perry dalam video untuk "California Gurls". Buklet edisi fisik album, sesuai dengan tema kembang gula, memiliki aroma kembang gula. Singel kedua album tersebut "Teenage Dream" dirilis pada bulan Juli 2010. "Firework" adalah singel ketiga dari album.

Katy Perry muncul pada MTV Video Music Awards 2010 pada tanggal 12 September 2010. Dia dinominasikan untuk dua penghargaan dan menyampaikan penghargaan "Best Male Video" bersama Nicki Minaj untuk Eminem. Pada tanggal 14 September, Perry kembali ke sekolah menengah lamanya, Dos Pueblo High School, disana dia tampil sebentar untuk siswa sekolah. Perry menampilkan "Hot n Cold" bersama Elmo dari Sesame Street yang semula muncul untuk premier musim ke-41 dari program pendidikan anak itu pada 27 September 2010. Namun, empat hari sebelum ditayangkan sesuai jadwal, Sesame Workshop mengumumkan, "Berdasarkan dari umpan balik yang kami telah terima untuk video musik Katy Perry ... kami telah memutuskan tidak akan menyiarkan segmen pada siaran televisi Sesame Street yang ditujukan untuk anak-anak prasekolah. Penggemar Katy Perry masih dapat melihat videonya di YouTube". Alasan utamanya yaitu para orang tua mengeluh mengenai belahan dada yang tampak oleh gaunnya. Perry syuting untuk video Firework di Budapest pada bulan September 2010. Sebuah panggilan casting terbuka menggambarkan sebanyak 38.000 pelamar menjadi sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia melanjutkan untuk tampil konser di Budapest pada tanggal 1 Oktober, konser pertama di Eropa Tengah dan Timur. Perry telah mengumumkan parfumnya sendiri yang akan dirilis pada musim gugur tahun ini, bernama "Purr" yang hadir dalam botol berbentuk kucing dan akan tersedia melalui toko-toko di Nordstrom. Teenage Dream membawa Perry untuk nominasi empat penghargaan di Grammy Awards 2011: Album Terbaik Tahun Ini, Album Vokal Pop Terbaik, Kolaborasi Pop Terbaik dengan Vokal untuk "Teenage Dream", dan Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik untuk "California Gurls". Setelah Grammy, Perry merilis singel keempat dari album "Teenage Dream", "E.T." Dalam versi remix singel ini menampilkan Kanye West. Video musik untuk E.T. disutradarai oleh Floria Sigismondi dan menampilkan Shaun Ross sebagai kekasih utama. Pada bulan Juni 2011, Perry merilis singel kelima, "Last Friday Night (T.G.I.F.)". Sebuah versi remix yang menampilkan rapper Amerika, Missy Elliot dirilis pada awal Agustus. Singel ini menduduki tangga lagu radio dan unduh di AS. Lagu ini menduduki puncak Billboard Hot 100 pada tanggal 17 Agustus 2011, membuat Perry menjadi artis wanita pertama yang memiliki lima singel dari satu album yang semuanya berada di #1.

Perry mengencani vokalis Gym Class Heroes, Travie McCoy, yang berjumpa di sebuah studio rekaman di New York, putus sambung selama beberapa tahun. Perry dan McCoy putus pada Desember 2008. Perry pertama kali bertemu komedian Inggris Russell Brand saat musim panas 2008. Saat Perry syuting untuk penampilan kameo dalam film Brand Get Him to the Greek. Perry dan Brand mulai berkencan setelah bertemu kembali pada September 2009 di MTV Video Music Awards, dimana Brand bertindak sebagai pembawa acara, berkomentar "Katy Perry tidak memenangkan penghargaan dan dia menginap di hotel yang sama denganku, jadi dia akan membutuhkan bahu untuk menangis. Jadi, aku adalah pemenang sesungguhnya malam ini". Pasangan ini bertunangan pada Desember 2009 saat berlibur di India.

Dalam wawancara YouTube Juli 2010, Perry mengatakan Brand akan menjadi ayah yang "sempurna". Perry menyatakan bahwa dia berencana untuk mengambil kewarganegaraan ganda Inggris setelah menikah dengan Brand. "Salah satu hal pertama yang saya akan lakukan adalah mengajukan permohonan kewarganegaraan ganda. saya tidak terlalu yakin apakah saya harus mengikuti tes karena saya sudah tidak punya waktu untuk melihatnya.. Tapi Inggris seperti rumah kedua saya". Perry dan Brand menikah pada 23 Oktober 2010 dalam upacara tradisional Hindu di dekat tempat perlindungan harimau Ranthambhore di Rajasthan, India, lokasi yang sama dimana Brand telah melamarnya.

Perry dikenal dengan gayanya yang tidak biasa dalam berpakaian. Hal ini sering terlihat lucu, warna yang cerah, mengingatkan kita pada dekade yang berbeda dan Perry sering menggunakan aksesoris bentuk buah, terutama semangka sebagai bagian dari pakaiannya. Setelah belajar menari pada usia dini, dia berkhayal untuk memiliki gaya sendiri. Transformasi Perry menjadi seniman dimulai dengan fashion, terinspirasi oleh penggambaran aktris film Amerika, Dominique Swain pada film adaptasi tahun 1997 dari novel Lolita. Dia mendefinisikan gaya busananya sebagai "sedikit racikan hal yang berbeda". Johnny Wujek, stylist Perry, menggambarkan gaya Perry setelah pertemuan pertamanya sebagai "sesuatu yang sangat berwarna-warni dan klasik".

Modenya telah menarik perhatian desainer. Pada bulan Juni 2008, publisitas foto yang menunjukkan Perry berpose dengan pisau lipat, dikritik. Foto itu dipertahankan sebagai upaya untuk memberikan kesan Perry yang "seksi dengan tepi yang tajam". Kritik yang ditujukan padanya diejek oleh Perry yang kemudian berpose dengan sendok sebagai gantinya. Dia telah muncul dalam pemilihan 100 Wanita Terseksi majalah FHM sebanyak dua kali, peringkat No.23 tahun 2009 dan No.37 tahun 2010. Dia berada pada peringkat 7 di Rolling Stone sebagai Ratu Pop berdasarkan polling pada Juli 2011.



Perry memiliki jangkauan vokal kontralto (suara wanita terendah). Karena jangkauan vokalnya yang rendah, dia menurunkan kunci dari banyak lagunya sambil menyanyi secara langsung dalam rangka menyempurnakan suaranya. Pengaruh musik Perry diantaranya adalah Alanis Morissette, pop-rocker Cyndi Lauper, Pat Benatar, Joan Jett, Shirley Manson, dan Freddie Mercury, vokalis dari band Inggris, Queen. Tumbuh dengan mendengarkan musik gospel, Perry memiliki beberapa referensi ketika dia mulai merekam lagu. Ketika ditanya oleh produser ingin berkolaborasi dengan siapa, Perry tidak tahu. Malam itu, dia pergi bersama ibunya ke sebuah hotel. Di dalam, dia menyalakan saluran VH1 dan melihat produser Glen Ballard berbicara tentang Morissette; Ballard yang memproduksi album Morissette, Jagged Little Pill, album yang memiliki "pengaruh besar" di Perry. Dia mengatakan kepada kolaborator awal bahwa dia telah memutuskan untuk bekerja dengan Ballard. Produser mengatur pertemuannya dengan Ballard di Los Angeles. Perry memberinya sebuah lagu dan sehari kemudian Perry dipanggil. Ballard mengembangkan Perry selama beberapa tahun.

Perry menggambarkan musiknya dengan berkata, "Seseorang seperti menulis ini untuk saya di lain hari dan saya telah menggunakannya sejak itu". Menurutnya, dia telah "banyak berubah antara usia 15 sampai 23" Album pertamanya, Katy Hudson berdiam pada musik gospel. Dia mengaitkan bahwa perspektifnya di musik "agak tertutup dan sangat ketat" dan semua yang dilakukan berhubungan dengan gereja. Album keduanya, One of the Boys digambarkan sebagai "duniawi" dan "rock," dan mencerminkan kepergiannya dari akar musik agama. Perry mengharapkan dapat merekam lebih banyak lagu pop untuk album berikutnya.

Perry secara artistik terlibat dalam proyeknya, terutama dalam proses penulisan. Karena dia bisa bermain gitar, dia akan mulai menulis lagu di rumah dan datang ke produsernya. Perry sebagian besar terinspirasi oleh saat-saat tertentu dalam hidupnya. Dia mengatakan mudah baginya untuk menulis lagu tentang patah hati. Sebagian besar tema dalam One of the Boys berkisahkan tentang patah hati, petualangan remaja dan "muntah di toilet". Ibu Perry dilaporkan mengatakan kepada Tabloid Inggris Daily Mail bahwa dia tidak suka musik putrinya, menyebutnya "memalukan dan menjijikkan".

Perry mengatakan bahwa perkataan ibunya salah dikutip dan memberitahu kepada MTV bahwa itu adalah informasi palsu. Lagu "Ur So Gay" dan "I Kissed a Girl" telah menerima reaksi negatif dari sektor agama maupun homoseksualitas. Lagu-lagu tersebut masing-masing telah dicap sebagai homofobia dan mempromosikan homoseksualitas, serta "eksploitasi lesbian". Perry menanggapi kontroversi seputar "Ur So Gay": "ini bukan konotasi negatif, bukan, 'you're so gay' diartikan seperti 'you're so lame' (payah), tapi faktanya adalah laki-laki ini seharusnya sudah gay, yang saya benar-benar mengerti bagaimana itu bisa disalahartikan atau apa pun... itu bukan stereotip orang tertentu, saya berbicara tentang mantan pacar"

Referensi :

- http://id.wikipedia.org/wiki/Katy_Perry
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar

My Favourite Posts

Archives