Tokoh Terkenal: Biografi Jonathan Edwards


Biografi Jonathan Edwards
Nama Lengkap: Jonathan Edwards
Tanggal Lahir: Windson Timur, Connecticut, 5 Oktober 1703
Wafat: 22 Maret 1758  Princeton, New Jersey


Jonathan Edwards lahir pada tahun 1703 di Windson Timur, Connecticut.Ia adalah seorang teolog dan sarjana Amerika yang telah belajar bahasa Latin pada usia enam tahun dan fasih berbahasa Yunani dan Yahudi menjelang usia tiga belas tahun. Dia lulusan terbaik dari Yale University saat usia tujuh belas tahun dan menjadi tutor di sana. Edwards menjadi pelayan sejak usia dua puluh empat tahun.

Pada tahun 1734, dia mewartakan pesan Calvinis tentang kebenaran atas dasar iman semata dan berhasil menguasai kota kecil yang ada di wilayah Northampton, yaitu Massachusetts.  Karena karya pewartaannya begitu gencar, dalam waktu setahun hampir seluruh penduduk dewasa di kota itu bertobat. Namun demikian, hubungan Edwards dengan jemaatnya tidak begitu memuaskan.  Ia berusaha memperketat syarat-syarat menjadi anggota yang telah diperlunak oleh kakeknya, dan berakibat pemecatan dirinya oleh jemaat pada 1750.

Pada tahun berikutnya ia pergi ke Stockbridge sebagai penginjil bagi orang Indian dan sewaktu di sana ia menulis sejumlah tulisan (termasuk karya besarnya). Pada tahun 1757 ia diundang menjadi rektor New Jersey College (sekarang Princenton University) dan dengan rasa berat ia menerimanya, karena tidak lama setelah itu ia meninggal.

Edwards adalah pembela dan sekaligus pengkritik kebangunan rohani di zamannya, hal ini terlihat dari khotbahnya yang terkenal, Sinners in The Hand of an Angry God (Orang-orang Berdosa di Tangan Allah yang Murka), yang menekankan secara khusus tentang murka Allah, menyebabkan kebangunan rohani.Ia juga seorang lawan yang tidak kenal mundur terhadap Arminianisme.

Edwards pernah disebut filsuf Amerika terbesar, karena karya Freedom of Willnya. Ia juga adalah bapak teologi New England. Pembica yang penting dari teologi ini adalah putranya Jonathan Edwards Junior (1745-1801), yang pada waktunya menghasilkan Teologi New Heaven dari Charles Finney.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Jonathan_Edwards

0 komentar:

Poskan Komentar

My Favourite Posts

Archives