Tokoh Terkenal: Biografi Rohana Kudus


Biografi Rohana Kudus
Nama: Rohana KudusTanggal Lahir: 20 Desember 1884 Tempat Lahir: Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera BaratWafat: Jakarta, 17 Agustus 1972Ayah: Mohamad Rasjad Maharadja SoetanIbu: Kiam
Rohana Kudus merupakan kakak tiri dari Perdana Menteri Indonesia yang pertama yaitu Soetan Sjahrir,  dan bibi dari penyair Chairil Anwar. Ia juga merupakan sepupu dari H. Agus Salim.
Rohana Kudus merupakan seorang wanita muslimah yang sangat taat menjalankan ajaran agamanya, dengan giat sekali mempelopori emansipasi wanita. Beliau adalah seorang pendidik wanita yang berusaha untuk memperbaiki nasib kaum wanita Indonesia. Di samping itu juga, ia adalah guru agama, guru kerajinan wanita, serta seorang wartawan wanita pertama di Indonesia.
Dengan melihat profesinya tersebut, kita bisa melihat sosok Rohana Kudus yang luar biasa dalam upaya mengangkat citra kaum wanita, yang pada waktu itu masih jauh terbelakang akibat adat-adat kuno masyarakatnya. Maka tidak heran usaha yang dilakukan Rohana mengalami berbagai rintangan dan hambatan.
Diantara usaha-usaha Rohana Kudus adalah sebagai berikut:1).Tahun 1896 saat usianya baru 12 tahun, ia sudah mengajar teman-teman gadis di kampungnya dalam bidang membaca dan menulis huruf arab dan latin.2).Tahun 1905, ia mendirikan "Sekolah Gadis" di Kota Gadang, yang kemudian pada tahun 1911 diubah namanya menjadi "Sekolah Kerajinan Amai Satia".3).Pada 10 juli 1912, ia ikut melahirkan sekaligus menjadi Pemimpin Redaksi Surat Kabar Wanita dengan nama "Soenting Melajoe" di Padang.
Biodata dan Biografi Rohana Kudus terakhir di update pada tanggal 27 Januari 2012, semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

My Favourite Posts

Archives