Kumpulan Biografi: Biografi Jorge Lorenzo - Pembalap MotoGP


Biografi Jorge Lorenzo, Profil Jorge Lorenzo dan Biodata Jorge Lorenzo
Nama Lengkap: Jorge Lorenzo
Nama Populer: Lorenzo

Tanggal Lahir: 4 Mei 1987
Tempat Lahir: Palma de Mallorca, Spanyol

Profesi: Pembalap
Team: Fiat Yamaha Team
Website: www.lorenzo99.com

Karier: Championships 250cc (2006, 2007)

Lorenzo lahir pada tanggal 4 Mei 1987 di Palma de Mallorca, Spanyol. Dia adalah seorang pembalap MotoGP dan bergabung bersama Valentino Rossi di tim Fiat Yamaha. Jorge Lorenzo memulai karir di  MotoGP kelas 125cc tahun 2002 pada seri Spanyol. Saat itu Dia tidak bisa mengikuti sesi latihan karena usianya tidak mencukupi, karena regulasi MotoGP mengharuskan seorang pembalap minimal berusia 15 tahun untuk bisa turun di MotoGP. Namun Dia bisa mengikuti sesi kualifikasi kedua karena hari itu tepat hari ulang tahunnya yang ke 15. Ia memenagi Grand Prix pertamanya di musim berikutnya pada seri Rio de Janeiro di Brazil.
Dua musim berikutnya yaitu tahun 2005 ia turun di kelas 250cc, sejak saat itu ia mulai diperhitungkan keberadaannya di dunia MotoGP Grand Prix. Tahun 2007 dengan 9 pole posotion yang menuntunya untuk 9 kali menang, membuat ia menjadi keluar sebagai juara dunia di musim tersebut. Pada 25 Juli 2007 ia menandatangani kontrak dengan Fiat Yamaha dan menjadi rekan Valentino Rossi untuk musim 2008 dan 2009. Pada seri pertamanya di kelas MotoGP 2008 ia langsung merebut pole position, dan membuat ia menjadi orang kedua yang melakukan itu sejak Max Biaggi melakukannya 10 tahun yang lalu. Tiga seri berikutnya ia mempertahankan pole position-nya dan memenangi kelas MotoGP untuk pertama kali di sirkuit Estoril, Portugal. Di seri selanjutnya di MotoGP Grand Prix of China ia mengalami kecelakaan pada sesi latihan sehingga membuatnya tidak bisa bersaing dengan ketat pada musim tersebut, dan hanya bisa barada pada urutan keempat di akhir musim.
Di musim 2009 Lorenzo semakin kuat dan matang, ia terus menempel ketat Rossi sepanjang musim, dan keluar menjadi juara ke dua di akhir musim. Di akhir musim 2009 pula ia memperpanjang kontarknya dengan Fiat Yamaha, dan merasa optimis untuk musim 2010 ini dengan Yamaha YZR M1.
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Jorge_Lorenzo

0 komentar:

Posting Komentar

My Favourite Posts

Archives