Tokoh Terkenal: Biografi Carl Heinrich Marx


Biografi dan Biodata Carl Heinrich Marx
Carl Heinrich Marx adalah filsuf, ideolog, pencetus, paham marxisme-komunisme melalui bukunya Manifest Der Kommunistischen Partei (Manifesto Komunisme, 1848). Ia juga berpengaruh besar dalam paham pembentukan Negara. Pengaruhnya tidak dapat dipisahkan dari andil Friedrich Engels.

Marx lahir di Trier, Jerman. Ayahnya pengacara yang mengagumi Immanuel Kant dan Voltaire, serta ambil bagian dalam perubahan sistem perundangan di Rusia.

Marx menjadi mahasiswa Universitas Bonn (1835) selama setahun, untuk kemudia masuk Universitas Berlin (1836), tempat Ia belajar hukum dan filsafat. Pada tahun 1867 Marx menerbitkan bukunya yang berjudul Das Kapital (Kritik atas Kapitaslisme) jilid pertama. Ini merupakan karya penting Karl Marx selama hidupnya, sedangkan jilid kedua dan ketiga dari buku tersebut diterbitkan oleh Engels setelah Marx meninggal dunia.

Tahun-tahun terakhir kehidupan Marx amat sepi karena semua kawannya tersaing dari nya. Marx seakan mengasingkan diri dalam pekerjaan teoritisnya. Ketika Ia meninggal hanya delapan orang yang hadir dalam pemakamannya termasuk Engels.

Referensi: Buku KBK “SOSIOLOGI SMA Kelas 1”  Halaman 37 Penerbit: Yudhitira.

TAGS: Biografi Carl Marx, Biodata, Profil Carl Marx, Biografi Karl Marx, Karl Marx Biodata, Biografi Carlk Heinrich Marx






0 komentar:

Poskan Komentar

My Favourite Posts

Archives