Informasi Biografi: Biografi Marie Curie


Biografi Marie Curie
Nama Lengkap: Maria Skłodowska-Curie
Nama Populer: Marie Curie
Tanggal Lahir: 7 November 1867
Tempat Lahir: Warsawa, Polandia
Meninggal: Passy, Haute-Savoie, Perancis 4 July 1934
Pekerjaan: Ilmuwan
Almamater: University of Paris ESPCI
Notable awards: Nobel Prize in Physics (1903), Davy Medal (1903), Matteucci Medal (1904), Nobel Prize in Chemistry (1911)

Marie Curie diakui sebagai salah satu perintis dalam bidang radiologi. Bersama dengan suaminya, Pierre Curie,  mendirikan Curie Institute, dan disinilah Dia menemukan unsur radium.

Marie Curie dibesarkan di Polandia. Keluarganya merupakan keluarga guru. Karena krisis di Polandia, ia jatuh miskin dan harus hidup hemat. Yang lebih menyedihkan lagi, ia harus sembunyi-sembunyi untuk belajar ilmunya. Pada tahun 1891 Marie melanjutkan studinya tentang Fisika dan Matematika di Universitas Sorbonne. Kemudian dia pergi ke Paris untuk sekolah di Universitas Sorbonne, di sini lah, Dia dapat lebih leluasa untuk melakukan riset sampai akhirnya dari bekalnya itu dia mampu mengisolasi radium dari laboratorium tuanya yang sederhana; dari sinilah awal kepopulerannya.

Dedikasinya yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan membuatnya meraih empat Hadiah Nobel, yakni di bidang Fisika pada 1903 dan Kimia pada 1911.  Beliau terus bekerja dan menyelediki nuklir dan radioaktif hanya di dalam laboratorium sederhana tanpa mau memikirkan diri sendiri. Bahkan ia tidak mau mendaftarkan penemuannya ke paten karena terlalu berpegang teguh pada prinsip, "ilmu pengetahuan adalah untuk umat manusia".

Biografi Marie Curie ini semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

My Favourite Posts

Archives